Ketika Mobil Soekarno Mogok

Tak lama setelah Sekutu mendarat di Republik Indonesia, dimulailah perburuan terhadap Bung Karno, Bung Hatta, dan para pejuang kemerdekaan kita. Mereka bertekad menangkap Bung Karno, hidup atau mati. Karena itu pula Bung Karno tidak pernah tidur di rumah. Ia menginap dari satu rumah penduduk ke rumah yang lain.

Begitu terus sampai seluruh rekan seperjuangan benar-benar kuwalahan mengamankan Bung Karno. Mereka merekomendasikan agar Bung Karno segera meninggalkan ibukota Jakarta. Itulah yang kemudian dilakukan sang proklamator. Sebuah lokomotif seri C buatan Henschel (Jerman) tahun 1921, dijadikan loko penarik kereta kepresidenan. Loko itu yang  mengantar perjalanan Presiden Sukarno dari Jakarta ke Yogyakarta pada 3 Januari 1946.

Di Yogya Bung Karno sering mengalami problem dengan mobil Buick-nya. Yogya bukan Jakarta. Kerusakan mobil di Jakarta, relatif lebih mudah memperbaikinya. Beruntung, Bung Karno memilik montir-montir otodidak yang piawai. Dalam kesempatan itu, mereka bekerja lebih giat, karena tidak jarang Bung Karno ikut melihat dan menemani para montir bekerja. Sumber : Roso Daras
Soekarno ketika di India
Soekarno, met tropenhelm, tijdens zijn bezoek aan India
Collectie: KITLV
Datum/Date: 1950-01-24

Comments

Popular Posts