Tamasya Sejarah Bersama Hatta
JIKA masih hidup, dan diminta
melukiskan situasi sekarang, Mohammad Hatta hanya akan perlu mencetak ulang tulisannya 40
tahun lalu: "Di mana-mana orang merasa tidak puas. Pembangunan tak berjalan sebagaimana
semestinya. Kemakmuran rakyat masih jauh dari cita-cita, sedangkan nilai uang makin
merosot. "Perkembangan demokrasi pun telantar karena percekcokan politik senantiasa.
Pelaksanaan otonomi daerah terlalu lamban sehingga memicu pergolakan daerah. Tentara
merasa tak puas dengan jalannya pemerintahan di tangan
partai-partai."
Hampir tidak ada
yang perlu diubah-kalimat demi kalimat, kata demi kata. Krisis politik, ekonomi, dan
konstitusi. Krisis serupa yang ditulis Hatta itu kini menghantui Indonesia lagi, setengah abad setelah
Megawati Sukarnoputri menyimpan boneka mainannya, Amien Rais tak lagi bermain gundu,
dan Jenderal Endriartono Sutarto menukar ketapel karetnya dengan senapan M-16. Tidak
ada yang baru di kolong langit, kata orang. Sejarah adalah repetisi
pengalaman-pengalaman. Tapi, jika Indonesia terperosok ke lubang hitam yang sama secara telak, mungkin
karena bangsa ini tidak benar-benar belajar dari sejarah yang benar. "Belajarlah dari
sejarah". Sukarno mengatakan hal itu. Soeharto bicara yang sama. Masalahnya adalah sejarah yang mana.
Sejarah, apa boleh buat, telah lama menjadi ladang perebutan ideologi dan kepentingan.
Dan Hatta adalah seorang pecundang, yang kalah,
dalam perebutan itu.
Pada 1960-an,
tulisan Hatta berjudul Demokrasi Kita itu dinyatakan sebagai bacaan terlarang. Buya Hamka,
pemimpin majalah Pandji Masjarakat yang memuat tulisannya, dipenjarakan. Sementara
itu, pemerintah Orde Baru menyusutkan citranya sekadar sebagai "Bapak
Koperasi"-citra sempit yang mengerdilkan keluasan pikirannya. Dan kini, di tengah perayaan 100 tahun
kelahirannya, sebagian besar pikiran Hatta masih tercampak
dalam mitos Yunani Kuno.
Kolonialisme Belanda, idem-ditto
otoritarianisme Soeharto, menyimpan terlalu lama dalam kotak segala macam penyakit
sosial-ekonomi. Dan ketika dibuka, bertebaranlah aneka ragam problem yang selama ini terpendam.
Dalam risalah itu dia mengkritik para politisi yang tersesat. Hatta tidak antipartai.
Bagi dia, partai adalah wujud kedaulatan rakyat. Tapi, dia mengecam para politisi yang
menjadikan "partai sebagai tujuan dan negara sebagai alatnya". Demokrasi dapat berjalan baik,
menurut Hatta, jika ada rasa tanggung jawab dan toleransi di
kalangan pemimpin politik.
Sebaliknya, kata dia,
"Perkembangan politik yang berakhir dengan kekacauan, demokrasi yang berakhir dengan anarki, membuka
jalan untuk lawannya: diktator." Hatta benar adanya. Pada 1959, antara lain atas desakan
militer, Sukarno mengeluarkan dekrit presiden yang membubarkan parlemen. Sukarno juga
mengembalikan UUD 1945 yang kala itu tak hanya sedianya diamandemen tapi bahkan
diganti ke tempatnya semula. Tahun itu menandai dimulainya era kediktatoran yang
kemudian dilestarikan Jenderal Soeharto hingga 40 tahun
kemudian.
Tapi Hatta mengecam semangat
ultrademokratis sama kerasnya dengan dia mengkritik kediktatoran. "Diktator yang
bergantung pada kewibawaan orang-seorang tidak lama umurnya" dan "akan roboh
dengan sendirinya seperti rumah dari kartu". Beberapa tahun sebelum jatuhnya Bung Karno, Hatta
telah meramalkan: "sistem yang dilahirkan Sukarno itu tidak lebih panjang umurnya dari
Sukarno sendiri". Dan andai saja Soeharto, yang
menggantikan Sukarno setelah 1965,
juga menyimak Hatta dengan lebih baik.
selanjutnya klik
Comments